Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Serangan Virus

Setiap harinya komputer atau laptop terinfeksi oleh berbagai jenis virus yang berbeda dan setiap harinya pula tercipta virus-virus baru yang berbeda. Banyak yang mudah mendeteksi virus-virus yang menginfeksi komputer atau laptop, namun, tak sedikit yang merasa kesulitan untuk membersihkan virus dari komputer. Untuk itulah, diperlukan langkah antisipasi untuk melindungi komputer Anda dari serangan virus. Mari kita lihat bagaimana cara melindungi komputer dari serangan virus dibawah ini:

Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Serangan Virus


Seperti kita tahu sebelumnya, virus dapat mencuri ataupun menginfeksi dokumen pribadi Anda seperti password yang tersimpan bahkan PIN ATM dan nomor kartu kredit Anda. Jadi, Anda harus sebisa mungkin mencegah virus tersebut untuk tidak menginfeksi komputer Anda. Anda dapat mencegah virus menginfeksi komputer Anda dengan menggunakan software. Apa sajakah software-software tersebut:

WinPatrol

Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Serangan Virus

WinPatrol adalah sebuah software keamanan sistem dan data yang berfungsi mengontrol sistem. Program tersebut dapat mematikan program pada Start up Windows dan Taskbar. WinPatrol dapat mendeteksi serangan atau ganggung pada kompuer. Selain itu, software tersebut dapat juga mendeteksi adanya bahaya adware, keylogger, worm, dan situs yang berbahaya.
Download WinPatrol 

Beberapa fitur lain software WinPatrol:

  1. Delayed start (fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja komputer dengan cara menghapus program pada saat memulai Windows)
  2. Cookies (fitur ini berfungsi untuk menghapus cookies pada browser Internet Explorer dan Mozilla)
  3. Scheduled Tasks (fitur ini berfungsi untuk membuat jadwal program agar berjalan secara otomatis pada waktu yang telah ditetapkan sebelumnya)
  4. Hidden Files (Adalah sebuah daftar yang akan menampilkan berkas-berkas yang diletakkan di beberapa lokasi spesifik sistem yang ditandai sebagai “Tersembunyi” oleh sistem operasi. Dalam sebagian besar keadaan, berkas-berkas ini adalah berkas-berkas yang resmi atau telah disahkan. Akan tetapi, jika sistem telah diserap oleh daftar, fitur ini akan menampilkan nama-nama dari berkas yang diasosiasikan dengan data masukan terbaru. Fitur ini juga memampukan pengguna mengubah status berkas yang disembunyikan oleh Windows menjadi tidak disembunyikan.)
  5. Active Tasks (Fitur ini berupa daftar yang akan menampilkan semua program yang baru saja berjalan pada sistem komputer pengguna. Daftar ini dapat membuat pengguna untuk memeriksa program-program yang tidak berjalan di luar kesadaran dan tanpa seizin pengguna.)
  6. File Types (Adalah salah satu fitur penting dalam WinPatrol. Dengan fitur ini, pengguna mampu untuk melihat dan mengembalikan jenis-jenis berkas (file types) yang mungkin berubah tanpa persetujuan pengguna. Fitur ini membantu pengguna untuk mengetahui tujuan atau kegunaan dari sebuah berkas. Di dalam sistem DOS dan Windows, nama-nama berkas selalu diakhiri waktu yang diikuti juga dengan penambahan satu sampai tiga karakter. Nama-nama berkas tersebut mewakili jenisnya masing-masing. Contohnya, kom1572.GIF untuk menunjukkan jenis berkas foto ataupun mien.MP3 untuk menunjukkan jenis berkas musik.)

USB Disk Security

Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Serangan Virus

Penyimpanan USB seperti flashdisk adalah sumber umum terinfeksinya kontek-konten yang berpontesi membahayakan, tetapi banyak perangkat lunak antiviirus tidak dapat secara efektif mendeteksi program berbahaya dari USB drive. USB Disk Security menyediakan perlindungan terbaik terhadap ancaman apapun ketika menggunakan USB drive.
Download USB Disk Security

Keuntungan USB Disk Security:
  1. Mencegah ancaman dikenal ataupun tak dikenal melalui USB storage
  2. Software bersifat gratis
  3. Mencegah kehilangan data melalui USB storage
  4. Tidak pernah memperlambat kinerja komputer Anda
  5. Kompatibel dengan semua perangkat lunak antivirus
  6. Melindungi komputer secara offline

Autorun Virus Remover

Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Serangan Virus

Autorn Virus Remover adalah program sederhana yang dapat menghapus atau memblok virus autorum atau autorun.inf. Utilitas ini memindai komputer dan removable drives dan tidak hanya itu, program tersebut dapat menghilangkan infeksi yang ada, tetapi juga dapat melindungi local disk. Antarmuka software ini agak sederhana dan memungkinkan Anda untuk memulai scan, menganalisis proes yang sedang berjalan, memperbaiki sistem yang terinfeksi dan juga memperbaiki Task Manager, Registry Editor, Folder Options dan file .exe

Autorun Virus Remover dilengkapi dengan alat khusus untuk memberikan kekebalan pada USB drive dan local disk, sehingga Anda hanya perlu memilih drive yang ingin Anda amankan/lindungi dari serangan virus, dengan mengklik Apply.

Autorun Virus Remover juga terdapat alat khusus untuk unlocking perangkat USB, atau menghentikan menulis data ke perangkat penyimpanan USB.
Download Autorun Virus Remover

0 Response to "Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Serangan Virus"

Post a Comment

Peraturan dalam memberikan komentar:

1. Sebelum Anda berkomentar, saya berharap Anda like, share, +1 atau tweet terlebih dahulu
2. Perhatikan relevansi komentar dengan artikel
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Berkomentarlah ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan isi dari artikel
5. Dilarang memanfaatkan kotak komentar sebagai sarana promosi

Receive All Free Updates Via Facebook.