Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis

Melakukan pemeliharaan secara rutin dan berkala pada komputer bertujuan untuk menjaga komputer Anda berjalan pada kondisi yang prima. Apabila Anda merasa malas dan tidak punya waktu melakukan pemeliharaan secara rutin, Anda dapat membuat pemeliharaan rutin secara otomatis dan melakukan tugas pemeliharaan PC dasar, seperti menghapus file-file sementara, memperbaiki kesalahan drive, menjaga drive tetap update, dan membuat cadangan file. Komputer akan melakukan semua itu tanpa harus ada campur tangan Anda alias otomatis.

Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis


Check Disk memperbaiki error disk otomatis

Check Disk adalah alat yang telah disertakan dengan Windows, yang dapat memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada hard drive Anda yang disebabkan oleh penutupan tidak tepat dan hal lain yang menyebabkan hard drive corrupt. Check Disk akan melakukan perawatan untuk membersihkan atau memperbaiki isu-isu tersebut. Meski Windows sdapat mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada disk tanpa harus menjalankan Check Disk, Anda tetap harus menjalankan Check Disk setiap satu bulan sekali.

Untuk menjalankan Check Disk secara berkala, buka Task Scheduler. Pada menu toolbar Action, pilih Create Basic Task,  dan ikuti wizard untuk mengatur jadwalnya. Kemudian, klik Start Program. Ketika diminta untuk memasukkan program atau script, masukkan fsutil dan pada Add arguments (optional) masukkan dirty set C:. Jika huruf drive selain C untuk sistem atau Windows Drive, ganti huruf drive C.

Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis


Tugas rutin ini hanya akan memindai drive yang kotor atau terdapat file sampah sehingga Windows secara otoamtis akan menginisialisasi Check Disk saat komputer boot. Untuk membuat tugas lain, yaitu Windows akan reboot secara otomatis ketika drive ditandai telah kotor, pilih Create Basic Task, kemudian ikuti wizard. Kemudian, klik Start Program, masukkan program / script shutdown.exe dan kemudian isi file Add arguments dengan /r

Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis

Untuk membuat kedua tugas diatas tidak berjalan saat komputer sedang digunakan, klik folder Task Scheduler Library dan kemudian klik dua kali pada Scheduled Task yang telah Anda buat tadi. Pilih tab Conditions dan checklist “Start the task only if the computer is idle for” option and change it to a lengthy duration—possibly an hour."


Disk Cleanup menghapus file-file sementara otomatis


Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis


Disk Cleanup adalah utilitas Windows yang dapat menghapus berbagai jenis file-file sementara untuk membantu memberikan free space pada hard drive. Anda mungkin harus menjadwalkan Disk Cleanup untuk dijalankan secara otomatis setiap minggu atau bulan.

Caranya:
Pertama, Anda harus menentukan jenis file yang Anda inginkan utilitas Disk Cleanup harus setiap kali bekerja. Caranya dapat dilakukan dengan menjalankan Disk Cleanup melalui Command Prompt, Windows + R, ketikkan CMD. ketikan perintah dibawah ini:
cleanmgr.exe / sageset: 1 
Anda dapat mengklik setiap item untuk mengetahui penjelasan mengenai file-file yang akan dihapus.

Anda akan melihat kotak dialog Disk Cleanup Settings dimana Anda melihat item yang Anda inginkan untuk dibersihkan secara otomatis. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.

Sekarang, saatnya membuat jadwal tugas sehingga Disk Cleanup berjalan secara otomatis menggunakan konfigurasi yang disimpan tadi. klik tombol Start, ketikkan Task Scheduler, dan klik Task Scheduler.

Pada menu toolbar Action Task Scheduler, pilih Create Basic Task, dan ikuti wizard. Klik Start Program, masukkan program atau script cleanmgr.exe dan kemudian pada Add arguments ketikkan /sagerun:1

Otomatis update driver


Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis

Setiap komponen perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda memiliki perangkat lunak yang bernama driver, digunakan untuk menentukan bagaimana caranya berkomunikasi atau terhubung dengan PC. Produsen biasanya merilis update driver untuk memperbaiki masalah pada perangakat keras. Maka, sebaiknya menjaga PC Anda tetap update dengan driver terbaru agar perangkat keras berjalan dengan baik.

Meski Windows secara otomatis mengunduh dan memasang update driver pada hardware yang dianggap penting. Namun, Anda dapat menggunakan software pihak ketiga untuk memastikan driver secara otomatis diperbarui. Salah satu perangkat lunak yang saya rekomendasikan adalah SlimDrivers

0 Response to "Lakukan Perawatan Rutin Komputer/Laptop Secara Otomatis "

Post a Comment

Peraturan dalam memberikan komentar:

1. Sebelum Anda berkomentar, saya berharap Anda like, share, +1 atau tweet terlebih dahulu
2. Perhatikan relevansi komentar dengan artikel
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Berkomentarlah ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan isi dari artikel
5. Dilarang memanfaatkan kotak komentar sebagai sarana promosi

Receive All Free Updates Via Facebook.