Cara Membuat Email Penting Tidak Masuk Folder Spam

Internet telah berkembang sangat pesat dan hampir dari seluruh penduduk bumi memiliki akun email. Email adalah salah satu fasilitas termurah dan tercepat dimana Anda dapat mengirim dan menerima pesan tanpa harus memikirkan tempat dimana Anda berada. Layanan ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi kepada keluarga, rekan kerja, dan teman Anda tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Anda hanya memerlukan koneksi internet untuk mengakses layanan email.

Cara Membuat Email Penting Tidak Masuk Folder Spam

Hal yang sangat mengganggu terjadi pada email adalah spam. Pengiklan mengirimkan email berupa promosi kepada semua pemiliki akun email tanpa pandang bulu. Maka dari itu, dibuat fitur filder spam yang berguna meletakkan email yang sifatnya spam ke kotak Spam bukan ke kotak masuk email Anda. Ternyata, filter spam juga dapat melakukan kesalahan yaitu meletakkan pesan dari keluarga atau teman Anda ke kotak Spam.

Dalam kasus ini, Anda hanya harus menghapus pesan spam dari kotak masuk atau membuat filter untuk domain yang mengirim pesan spam tersebut. Namun, tidak begitu mudah untuk memeriksa puluh email spam yang diterima setiap harinya. Berikut cara untuk memproteksi atau melindungi pesan email penting agar tidak dianggap sebagai spam:

Dibawah ini adalah langkah memodifikasi pengaturan beberapa penyedia layanan email seperti Google dan Yahoo agar Anda tidak akan kehilangan email penting ke folder Spam.

Yahoo! Mail


Cara Membuat Email Penting Tidak Masuk Folder Spam

Sebuah trik yang setiap pengguna Yahoo! Mail dapat nikmati adalah dapat membuat aturan penyaringan sederhana. Dengan pengaturan ini, pengguna memiliki kemungkinan untuk menandai pesan tertentu sebagai penting atau mengirimnya langsung ke Spam.
  1. Masuk ke akun Yahoo! mail Anda, dan klik pada tombol Settings dan kemudian pada 'Mail Options'
  2. Buka kategori 'Filter' yang berada di sisi kiri halaman dan tekan “Create or edit filters”
  3. Tentukan nama filter dan kemudian kriteria yang diinginkan. Anda dapat memilih untuk menyaring pesan berdasarkan “Sender”, “Recipient”, “Subject” dan “Body”. Jika sudah, simpan pengaturan.
Setelah menentukan hal-hal yang mendasari email harus disaring, pilih tindakan apa yang dilakukan ketika pesan terdeteksi oleh filter. Anda dapat memilih pilihan secara otomatis meletakkan pesan ke dalam Inbox, Spam, Trash atau folder baru.

Gmail
Cara Membuat Email Penting Tidak Masuk Folder Spam

Trik yang sama juga dapat diterapkan pada Google Mail, dimana kita akan membuat filter untuk beberapa hal. Ini hanya untuk memastikan Anda menerima email dari kontak tertentu, karena Gmail sudah dilengkapi fitur mengkategorikan pesan. Fitur tersebut berguna untuk mengkategorikan email apa yang penting bagi penggugna dan mana yang harus diabaikan.
  1. Buka akun Gmail Anda, klik menu Settings atau ikon 'Gear' yang berada di sisi kanan atas
  2. Pilih 'Filter' dan kemudian 'Create a new filter'. Pada bidang 'From' Anda harus memasukkan alamat email teman, rekan kerja, atau keluarga Anda. Anda bisa memasukkan nama atau julukannya bila tidak mengetahui alamat email mereka. Untuk memisahkannya, beri tanda '|'
  3. Jika Anda sudah menambahkan semua alamat email teman, rekan kerja, atau keluarga Anda, klik pada tombol 'Create filter with this Search'. Setelah muncul menu pop-up, dimana Anda akan mendapat pilihan seperti:  “Mark as read”, “Star it”, “Forward it” dan “Never send it to Spam”
Saya hanya memberikan trik pada layanan Yahoo! Mail dan Gmail saja, karena saya menganggap kedua layanan email tersebut paling banyak digunakan oleh orang-orang.

0 Response to "Cara Membuat Email Penting Tidak Masuk Folder Spam"

Post a Comment

Peraturan dalam memberikan komentar:

1. Sebelum Anda berkomentar, saya berharap Anda like, share, +1 atau tweet terlebih dahulu
2. Perhatikan relevansi komentar dengan artikel
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Berkomentarlah ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan isi dari artikel
5. Dilarang memanfaatkan kotak komentar sebagai sarana promosi

Receive All Free Updates Via Facebook.