Penulis Artikel Wikipedia Paling Produktif

Mungkin anda belum pernah mendengar nama Sverker Johansson, tapi jika Anda pernah membaca laman Wikipedia berbahasa Swedia, ataupun Filipina, ada kemungkinan Anda pernah membaca artikel buatan Johansson.

Penulis Artikel Wikipedia Paling Produktif

Sverker Johansson adalah seorang relawan yang sudah mengabdi sebagai penulis di Wikipedia selama tujuh tahun ke belakang.

Pria berkebangsaan Swedia yang berumur 53 tahun ini setidaknya sudah menulis 2,7 juta artikel untuk Wikipedia. Menurut catatan Wikimedia analytics, yang memantau lalu lintas situs Wikipedia, Johansson adalah penulis artikel paling produktif di Wikipedia.

Topik artikel andalan Johansson adalah katalogisasi spesies binatang, terutama kupu-kupu dan kumbang. Saat ini Johansson tinggal di Swedia bersama istrinya yang berkebangsaan Filipina. Maka itu tak aneh jika dua pertiga artikelnya di Wikipedia menggunakan bahasa Filipina, sedangkan sisanya menggunakan bahasa Swedia.

Seperti yang dilansir oleh Wall Street Journal, Selasa (15/7/2014), Johansson sendiri ternyata juga mempunyai sejumlah gelar sarjana, yaitu linguistik, teknik sipil, ekonomi, dan fisika. Ia mengaku mempunyai kertertarikan di banyak hal.

Namun ternyata, dalam mengisi artikel di Wikipedia, Johansson memperoleh bantuan dari sebuah program komputer sering disebut sebagai bot atau robot. Program yang bernama Lsjbot ini dikembangkan sendiri oleh Johansson.

Cara kerja Lsjbot ini layaknya mesin pencari yang otomatis menggali informasi dari berbagai sumber digital, yang kemudian dijahit menjadi sebuah artikel. Johansson mengklaim bahwa Lsjbot bisa menghasilkan sekitar 10 ribu artikel tiap harinya.

sumber : Detikcom

0 Response to "Penulis Artikel Wikipedia Paling Produktif"

Post a Comment

Peraturan dalam memberikan komentar:

1. Sebelum Anda berkomentar, saya berharap Anda like, share, +1 atau tweet terlebih dahulu
2. Perhatikan relevansi komentar dengan artikel
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Berkomentarlah ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan isi dari artikel
5. Dilarang memanfaatkan kotak komentar sebagai sarana promosi

Receive All Free Updates Via Facebook.