12 Tipe-tipe Server Dan Cara Kerjanya

12 Tipe-tipe Server Dan Cara Kerjanya

Server adalah sebuah sistem komputer yang memberikan berbagai jenis layanan tertentu pada sebuah jaringan komputer dan didukung dengan proses yang bersifat scalable dan RAM yang cukup besar. Server dilengkapi dengan sistem oprasi khusus dan biasa disebut dengan sistem operasi jaringan. Server terbagi menjadi beberapa tipe:

1. Real-Time Communication Server 
Juga dikenal sebagai server chatting atau IRC, dan kadang-kadang dikenal sebagai instant messaging (IM) server, server ini dimaksudkan untuk memungkinkan besar pengguna nomor untuk bertukar informasi langsung.

2. FTP Server
Ini adalah salah satu yang tertua dari Internet layanan yang tersedia. FTP atau File Transfer Protokol memungkinkan pengguna untuk aman mentransfer satu atau lebih file dari berbagai ukuran antara dua komputer.

3. Collaboration Server 
Dalam banyak hal, perangkat lunak kolaborasi, sekali disebut 'groupware,' menunjukkan aslinya kekuatan Web. perangkat lunak kolaborasi dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan untuk bekerja sama dalam suasana virtual.

4. List Server 
Server Daftar memungkinkan pengguna mengelola mereka milis massal seperti open interaktif diskusi atau satu arah daftar untuk memberikan newsletter, pengumuman atau iklan.

5. Telnet Server 
Server Telnet memungkinkan pengguna untuk host kontrol komputer dan bekerja pada remote komputer.

6. Web Server 
Pada intinya, Web server melayani konten statis untuk browser Web dengan memuat file dari disk dan menyajikannya di seluruh jaringan untuk pengguna Browser Web. Seluruh pertukaran ini dimediasi oleh browser dan server berbicara satu sama lain menggunakan HTTP.

7. Virtual Server 
Sebuah server virtual adalah server web yang saham sumber dayanya dengan beberapa pengguna. Ini lain cara untuk mengatakan bahwa beberapa situs web berbagi sumber daya dari satu server.

8. Proxy Server 
Proxy server adalah sebuah server yang bertindak sebagai perantara permintaan antara pengguna dan server. Klien terhubung ke proxy server dan server proxy mengevaluasi permintaan yang dikirim oleh pengguna menyederhanakan mereka dan mengendalikan kompleksitas mereka.

9. Mail Server
Mail server membantu dalam bergerak dan menyimpan e-mail melalui jaringan melalui LAN dan WAN atau di Internet.

10. Platform Server 
Biasanya digunakan dalam konteks yang sama dengan yang sistem operasi, platform server adalah platform yang berada di bawah hardware atau perangkat lunak sistem dan karenanya dalam mesin yang menggerakkan server.

11. Open Source Server 
Serupa dengan platform server, server yang open source dirujuk ke open source yang mendasari Sistem operasi yang digunakan dalam infrastruktur TI perusahaan.

12. Application Server
Aplikasi server adalah jenis middleware yang menghubungkan server database dan pengguna aplikasi.

0 Response to "12 Tipe-tipe Server Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Peraturan dalam memberikan komentar:

1. Sebelum Anda berkomentar, saya berharap Anda like, share, +1 atau tweet terlebih dahulu
2. Perhatikan relevansi komentar dengan artikel
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Berkomentarlah ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan isi dari artikel
5. Dilarang memanfaatkan kotak komentar sebagai sarana promosi

Receive All Free Updates Via Facebook.