Cara Membasmi Virus Shortcut

Virus Shortcut

Virus shortcut adalah virus yang menginfeksi flashdisk dengan tujuan jika flashdisk tersebut dicolokkan ke komputer atau laptop lain maka malware shortcut atau virus shortcut ini dapat menginfeksi komputer atau laptop lain.

Ada beberapa solusi pemecahan atas masalah ini, salah satu diantaranya adalah menginstal antivirus yang dapat mendeteksi virus shortcut tersebut. Anda dapat menggunakan G Data Antivirus dan cara penginstalan nya Anda dapat baca di sini.


Jika sudah menginstall antivirus tersebut, harap memastikan bahwa antivirus tersebut sudah terupdate dengan definisi terbaru kemudian scan komputer pada drive C:\ atau pada drive sistem windows sampai tuntas dan bersihkan malware yang terdeksi.


Jika file Anda telah disembunyikan oleh virus shortcut. Simak langkah nya di bawah ini :

Cara Membasmi Virus Shortcut

  1. Buka Notepad
  2. Lalu ketikkan : attrib -s -a -r -h /s /d
  3. Simpan pada drive flashdisk Anda yang terkena virus shortcut dan beri nama notepad tersebut dengan nama unlock.bat pilih : Save as type: All Files (*.*)
  4. Buka file unlock.bat yang telah dibuat
Menggunakan Windows Registry
Ini adalah salah satu cara untuk menghapus virus dari komputer Windows dan laptop. Jika Anda gagal membasmi virus dengan langkah-langkah diatas, Anda bisa mencoba trik dibawah ini. Ketika flashdisk Anda terjangkit virus shortcut, Anda bisa menghapus sumber virus tersebut dengan melakukan perubahan dalam pengaturan registri Windows di komputer atau laptop. Ada baiknya sebelum memodifikasi registri Windows Anda, baca artikel ini terlebih dahulu: Cara Backup Windows Registry Windows 7:
  1. Buka Task Manager, dengan cara klik kanan Taskbar dan pilih Task Manager
  2. Buka tab Processes
  3. Sekarang, cari proses Wscript.exe
  4. Jika Anda menemukannya, klik pada End Process
  5. Sekarang, tekan tombol Windows + R dan ketikkan regedit
  6. Cari lokasi registri: HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion >Run
  7. Cari entri odwcamszas
  8. Jika Anda menemukannya, klik kanan dan hapus entri
Cara Membasmi Virus Shortcut

Receive All Free Updates Via Facebook.