Beberapa Komponen Komputer Beserta Penjelasannya

Komponen Komputer
Komputer pada umumnya memiliki beberapa komponen di dalamnya. Apa saja komponen-komponen tersebut? Simak apa saja komponen-komponen komputer beserta penjelasannya.

1. Motherboard atau papan induk


Motherboard


Motherboard atau papan induk adalah sebuah tempat dari semua berbagai komponen elektronik yang saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan Motherboard biasa disingkat Mobo.

Motherboard memiliki pengertian lain yaitu Mainboard. Mainboard adalah sebuah papan utama yang berupa PCB dan memiliki chip bios atau program penggerak, jalur-jalur dan penghubung sebagai penghubung akses ke masing-masing perangkat.


Motherboard menghubungkan semua perangkat komputer dan membuatnya berkerja sama.


2. Processor


Processor


Processor merupakan pusat pengendali komputer atau yang melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunakk.


3. Harddisk atau Cakram Keras


Harddisk


Harddisk atau cakram keras adalah tempat penyimpanan data dan data yang disimpan tidak akan hilang jika tidak diberi tegangan listrik. Harddisk berisi piringan magnetis. 


Harddisk diciptakan oleh insinyur IBM atau International Business Machine, Reynol Johnson pada tahun 1956.


Harddisk tidak hanya dapat terpasang pada perangkat internal melainkan dapat dipasang di luar perangkat internal dengan menggunakan kabel USB.


4. CD-ROM atau compact disc read-only memory


CD-ROM


CD-ROM atau compact disc read-only memory adalah sebuah jenis opctial dic yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang disimpan dapat mencapai 700MB.


Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive.


CD-ROM membaca data yang terdapat di media CD.


5. RAM atau Random Access Memory 


RAM


RAM atau Random Access Memory adalah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam jangka waktu yang tetap tanpa memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Untuk mengetahui lebih dalam lagi perbedaan RAM dengan harddisk, silahkan baca penjelasan lengkapnya pada artikel Perbedaan RAM dengan Harddisk


6. Heatsink atau pendingin komputer


Heatsink


Heatsink atau pendingin komputer berfungsi sebagai penghilang panas pada komputer atau pendingin komputer. Tanpa ada nya Heatsink atau pendingin komputer, maka komputer akan cepat rusak dan kinerja sebuah komputer akan berkurang.


7. Power Supply 



Power Supply


Power Supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai sumber daya untuk perangkat komputer lain, terutama daya listrik. Power Supply sebenarnya bukan lah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, melainkan dapat juga sebagai penghasil energi mekanik ataupun energi lainnya.


8. Casing



Casing Komputer

Casing komputer berfungsi sebagai pelindung komponen komputer yang terdapat di dalamnya. Namun, ada beberapa casing komputer yang berfungsi meningkatkan nilai estetika pada komputer.


Receive All Free Updates Via Facebook.