Perbedaan RAM Dengan Harddisk













Perbedaan RAM Dengan Harddisk - RAM atau Random Access Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat di akses dalam jangka waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM berbeda dengan Harddisk yang berfungsi untuk menyimpan file termasuk program untuk jangka panjang sedangkan RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data-data yang sedang di proses oleh komputer. Jadi, RAM dibutuhkan untuk menjalankan program yang bersangkutan dan akan di ambil dari harddisk. Setelah itu, file program tersebut akan dipindahkan ke memori RAM untuk selanjutnya di proses oleh CPU.


Kapasitas Memori RAM


Besar data yang dapat ditampung RAM bervariasi. RAM dengan kapasitas 4 GB mampu menampung data lebih banyak jika dibandingkan dengan RAM yang hanya berkapasitas 2 GB dan membuat kerja komputer menjadi lebih cepat. Bagi pengguna komputer yang terbiasa menjalankan banyak program secara bersamaan, tentu saja membutuhkan RAM dengan kapasistas 4 GB agar program berjalan dengan lancar.


Jenis Memori RAM


Jenis RAM yang banyak tersebar di pasaran Indonesia adalah RAM dengan tipe DDR3.

Receive All Free Updates Via Facebook.