Hindari Penggunaan Browser Ini Bagi Pengguna Windows XP



Hindari Penggunaan Browser Ini Bagi Pengguna Windows XP

Hindari Penggunaan Browser Ini Bagi Pengguna Windows XP - Microsoft telah mengumumkan akan menghentikan dukungannya untuk Windows XP pada 8 April 2014 nanti. Karena itu, pengguna yang masih ingin menggunakan sistem operasi tersebut disarankan untuk tidak menggunakan browserInternet Explorer (IE) untuk berselancar di Internet.


Baru-baru ini The United States Computer Emergency Readiness Team (CERT) mengatakan bahwa Windows XP dan IE adalah kombinasi yang buruk. CERT menyarankan pengguna XP beralih dari IE ke browser pihak ketiga jika Microsoft menghentikan dukungannya.


"Pengguna yang memilih tetap menggunakan Windows XP setelah berakhir masa dukungannya bisa mencegah risiko keamanan dengan menggunakan browser selain Internet Explorer," demikian saran CERT seperti dikutip dari Digital Trends, (11/3/2014).


Alasan CERT menyarankan pengguna XP tidak menggunakan IE adalah selain aplikasinya sendiri tidak mendapat versi terbaru juga lubang keamanan yang datang belakangan tidak akan "ditambal" lagi oleh Microsoft.


Sementara, browser alternatif lain versi XP seperti Chrome, Firefox, dan Opera akan tetap mendapatkan update walau tidak dalam jangka waktu lama.


Google misalnya, akan tetap memberikan dukungan Chrome untuk XP hingga April 2015 nanti. Sementara untuk Mozilla dan Opera, walau belum mengumumkan kapan menghentikan dukungannya untuk XP, namun keduanya sepakat untuk terus memberikan update.


Selain Internet Explorer, CERT juga mengeluarkan saran yang sama untuk aplikasi produktivitas Microsoft Office 2003 dalam Windows XP. "Semua software memiliki siklus hidupnya masing-masing, berakhirnya dukungan berarti tidak ada lagi update, perbaikan, atau bantuan teknis online dari Microsoft," terang CERT.


Saat ini, diperkirakan sekitar 30 persen pengguna PC Windows menjalankan sistem operasi Windows XP. PC Advisor juga memprediksi setidaknya ada 40 persen pengguna yang masih memakai kombinasi Windows XP dan IE sebagai aplikasi browser.

Receive All Free Updates Via Facebook.