Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014

Menurut artikel di Wikipedia, Antivirus merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk memproteksi, mengamankan, ataupun mendeteksi adanya serangan virus yang terdapat pada komputer. Antivirus juga bisa disebut dengan Virus Protection Software.

Saat ini, antivirus tidak hanyak mampu mendeteksi virus saja, melainkan sudah dilengkapi beberapa fitur atau kemampuan untuk mendeteksi spyware, trojan, malware, serta program-program jahat lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Jenis-jenis Antivirus:
  1. Free antivirus  : anti virus yang diperoleh secara gratis
  2. Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu
  3. Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi
  4. Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli
Bagi pengguna komputer yang memakai sistem operasi Windows 7 ataupun lainnya, menjadi wajib hukumnya untuk memasang antivirus pada komputernya.

Tapi, ada baiknya untuk memilih antivirus yang tepat. Sehingga dengan memasang antivirus tersebut, tidak akan memperlambat kinerja komputer Anda dan komputer Anda juga tetap terjaga keamanannya.

Terdapat banyak antivirus yang tergolong ringan untuk dipasang sehingga tidak akan membebani sistem, apa sajakah antivirus-antivirus ringan tersebut? baca artikel Rekomendasi Antivirus Teringan Tahun 2014 dibawah ini:

Antivirus non-lokal:

1. Avira Free Edition

Avira Antivirus dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak asal Jerman. Avira Antivirus sangat handal dalam hal memindai malware. Berdasarkan pengalaman banyak orang yang memakai Antivirus ini, Antivirus tergolong agak berat dipasang pada komputer dengan spesifikasi yang kurang mumpuni.

Avira Antivirus

Aplikasi anti virus yang didasarkan pada Produk AntiVir. Mesin Scan Virus AntiVir Biasa disebut "Luke Filewalker", yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Biasa disebut "H + BEDV Datentechnik GmbH" ketika didirikan. Avira AntiVir Personal - Free Antivirus gratis untuk penggunaan pribadi. Mesin Antivirus Avira telah digunakan juga untuk Ashampoo antivirus dan Webroot WebWasher.

Rating Antivirus:

  1. Sensitiftias (setting bawaan) 5/5
  2. Penggunaan resources 3/5
  3. Fitur 3/5
  4. Deteksi malware asing 5/5
  5. Waktu booting windows 3/5
  6. Tampilan antarmuka 4/5
  7. Kecepatan scan 4/5
2. Windows Defender

Windows Defender




Windows Defender tergolong sebagai antivirus yang sangat ringan karena antivirus ini merupakan antivirus bawaan untuk sistem operasi Windows. Windows Defender awalnya dikenal sebagai Microsoft SpyWare yang berfungsi untuk melindungi serangan virus pada sistem operasi Microsoft Windows.

Windows Defender memiliki fitur dengan kemampuan anti-spyware. Windows Defender meliputi sejumlah real-time security agents yang mengawasi beberapa area umum pada Windows yang mengalami perubahan-perubahan yang mungkin disebabkan oleh spyware. Perangkat ini juga menyertakan kemampuan untuk menghapus secara mudah perangkat ActiveX yang terpasang. Windows Defender juga terintegrasi dengan Microsoft SpyNet, sehingga para pengguna dapat melaporkan kepada Microsoft mengenai kemungkinan-kemungkinan spyware, serta aplikasi dan pemacu peranti (device drivers) yang dimungkinkan untuk dipasang pada sistem mereka.

Windows Defender sangat direkomendasikan bagi Anda pengguna sistem operasi Windows 8 karena tingkat keamanan dan efektifitas sumber daya sistem yang sangat baik. Namun, pada sistem operasi Windows 8, Windows Defender diubah namanya menjadi Microsoft Security Essentials

Rating Antivirus:
  1. Sensitiftias 4/5
  2. Penggunaan resources 5/5
  3. Fitur 2/5
  4. Deteksi malware asing 5/5
  5. Waktu booting windows 5/5
  6. Tampilan antarmuka 2/5
  7. Kecepatan scan 5/5
3. Eset NOD32

Eset NOD32 Antivirus


ESET NOD32 Antivirus, umumnya dikenal sebagai NOD32, adalah paket perangkat lunak antivirus yang dibuat oleh perusahaan ESET Slovakia. ESET NOD32 Antivirus dijual dalam dua edisi, Home Edition dan Edisi Bisnis. Paket Business Edition menambahkan ESET Remote Administrator memungkinkan untuk server deployment dan manajemen, mirroring ancaman signature update database dan kemampuan untuk menginstal pada sistem operasi Microsoft Windows Server. Antivirus ini tidak direkomendasikan dipasang pada komputer yang memiliki spesifikasi tidak memadai karena antivirus ini memiliki banyak fitur sehingga agak sedikit berat. Antivirus tidak hanya sekedar ringan tetapi sudah lengkap dengan keamanan lain termasuk proteksi jaringan dan proteksi lebih extended. 

Rating Antivirus:
  1. Sensitiftias (setting bawaan) 4/5
  2. Penggunaan resources 4/5
  3. Fitur 5/5
  4. Deteksi malware asing 4/5
  5. Waktu booting windows 5/5
  6. Tampilan antarmuka 4/5
  7. Kecepatan scan 4/5

Antivirus Lokal:

1. Smadav

Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014


Inilah antivirus lokal yang paling banyak digunakan. Smadav bahkan bisa disandingkan dengan antivirus lainnya baik antivirus international ataupun antivirus lokal. Antivirus ini juga bisa melindungi flash disk dari gangguan virus. Kelebihan lainnya dari antivirus Smadav adalah mampu menangkal beberapa virus yang berasal dari Indonesia atau lokal. Smadav juga memiliki fungsi perlindungan yang menyeluruh setiap waktunya, sehingga bisa memberi keamanan pada PC Anda yang disebut dengan Real-Time Protection.

2. PCMAV

Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014


Selain Smadav, ada juga PCMAV yang diklaim mampu membersihkan virus sampai ke akar-akarnya. Selain itu, PCMAV juga mampu membersihkan dokumen yang bervirus tanpa merusak data atau isi dari dokumen tersebut. PCMAV sendiri merupakan singkatan dari PC Media AntiVirus yang memang asli buatan PC Media. Dan antivirus ini juga memiliki fitur AntiKeytroke yang bisa menangkal fungsi dari software keylogger, sehingga bisa mengamankan data di dalamnya.

3. ANSAV

Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014


Ansav merupakan salah satu antivirus yang dibekali dengan beberapa plugin yang bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Tersedia juga beberapa fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membasmi virus dengan tuntas. Bisa dibilang mirip dengan Smadav yang memiliki kemampuan lebih dalam menangani virus-virus lokal.

4. ARTAV
Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014

Antivirus yang dirilis pada April 2010 ini memang belum begitu terkenal sehingga mungkin jarang sekali Anda mendengar namanya, namun cukup bisa diandalkan untuk menangkal beragam jenis virus lokal. Antivirus ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan Visual C++.

5. KEMOAV

Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014


Kemoav adalah salah satu jenis antivirus lokal yang cukup diperhitungkan, bukan hanya menangkal berbagai jenis virus di PC, Kemoav juga bisa diandalkan untuk menghapus virus di flashdisk. Mampu menangani malware dan juga gratis untuk Anda gunakan.

0 Response to "Rekomendasi Antivirus Luar dan Lokal Teringan Tahun 2014"

Post a Comment

Peraturan dalam memberikan komentar:

1. Sebelum Anda berkomentar, saya berharap Anda like, share, +1 atau tweet terlebih dahulu
2. Perhatikan relevansi komentar dengan artikel
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Berkomentarlah ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menambahkan isi dari artikel
5. Dilarang memanfaatkan kotak komentar sebagai sarana promosi

Receive All Free Updates Via Facebook.