Tindakan Penyelamatan Laptop Yang Tersiram Air

Langkah Menyelamatkan Laptop Tersiram Air
Laptop merupakan sebuah perangkat yang pemakaiannya bisa dimana saja. Oleh karena itu, kejadian apapun bisa saja menimpa laptop Anda ketika sedang digunakan.

Salah satunya seperti ketumpahan cairan seperti teh, kopi, atau kuah makanan. Kejadian tersebut bisa terjadi kapan saja, entah karena sengaja ataupun tidak sengaja. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen-komponen yang ada didalam laptop Anda. Hal lain yang dapat terjadi ketika laptop ketumpahan cairan, yaitu terjadinya korseliting atau aliran arus pendek listrik.

Bila Anda sudah terlanjur mengalami kejadian tersebut, simak Langkah-langkah Menyelamatkan Laptop Tersiram Air dibawah ini:

1. Lepas baterai dan jack power jika laptop dalam keadaan hidup. Buka flip LCD sampai maksimal terbuka lalu posisikan laptop tertelungkup/terbalik. Biarkan beberapa jam atau lebih lama lebih baik, agar cairan yang sudah terlanjur masuk bisa mengalir keluar.

2. Lepas keyboard, dan jemur di tempat yang tidak terlalu panas dalam keadaan terbalik. Jika cairan yang tumpah berupa kopi (yang lengket), bersihkan dengan kuas, sela-sela keyboard dengan menggunakan air, namun jangan ditekan. Kemudian jemur seperti cara di ataa beberapa jam lalu blower dengan kipas angin selama satu malam. Saat proses pengipasan tekan-tekan setiap tombol untuk menghindari adanya uap yang tertinggal.

3. Blower bagian laptop dalam posisi berdiri menyamping denga posisi ventilasi fan di bagian bawah untuk meyakinkan sisa-sisa cairan dapat keluar dari ventilasi tersebut.

Note : jika tumpahan terlalu banyak sebaiknya seluruh bagian laptop dibuka dan dikeringkan, tapi kalau gak yakin bisa lebih baik hubungi service centre terdekat.

4. Pasang kembali semua bagian, tanpa menggunakan baterai, sambungkan listrik dari adapter, dan jangan langsung dihidupkan. Perhatikan gejala-gejala yang timbul. Jika mencium bau hangus, lepaskan koneksi power.

5. Blower kembali seperti tahapan di atas untuk beberapa waktu, semakin lama semakin baik. Kemudian, ulangi tahapannya. Jika sudah tidak ada indikasi bau atau hal-hal yang mencurigakan, lepaskan hubungan listrik kemudian pasang kembali baterainya.

6. Lihat lagi reaksinya, jika tidak ada indikasi yang mencurigakan, sambungkan listrik dan perhatikan lead lampu baterai indikator menyala atau tidak, jika menyala hidupkan laptop dan tetap perhatikan bau atau indikasi lainnya untuk beberapa saat.

7. Jika ternyata masih ada indikasi yang mencurigakan (tidak seperti biasanya), sebaiknya sih hubungi service center terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Dibawah ini ada sebuah video yang menerangkan tentang langkah yang harus diperbuat ketika laptop mati total karena tersiram air.
Sekian artikel Tindakan Penyelamatan Laptop Yang Tersiram Air. Semoga bermanfaat.
Forum Detik

Receive All Free Updates Via Facebook.